Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

FKIP Unimal Terima Hibah Revitalisasi LPTK Tahun 2023 Nyaris Rp 1 M

WhatsApp_Image_2023-05-15_at_09.50.17.jpeg

 

Jakarta - Rektor Universitas Malikussaleh, Prof. Dr. Herman Fithra, S.T., M.T., IPM. Asean.Eng menandatangani kontrak hibah Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Tahun 2023 bersama Direktorat Kelembagaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdibudristek) di Jakarta, Senin (15/5) tahun 2023.

Panandatanganan itu dilakukan di Auditorium Lt.2 Gedung D Kemdikbudristek, Jl Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Bersama dengan 26 Perguruan Tinggi di lingkungan Kemdikbudristek. Turut hadir mendampingi Rektor Unimal dalam kegiatan itu adalah Dekan FKIP; Dr. Muhammad Yusuf, S.T., M.T dan Dosen Prodi Pendidikan Kimia; Isna Rezkia Lukman, M.Pd.

Dana hibah revitalisasi LPTK tahun 2023 diperuntukkan bagi Peningkatan kualitas dan kapabilitas penyelenggaraan pembelajaran mikro reflektif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Peningkatan kapabilitas dan kualitas Pusat Sumber Belajar terintegrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Pengembangan pembelajaran daring berbasis Learning Management System. Program ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas LPTK FKIP sebagai lembaga pencetak guru profesional melalui penyelenggaraan Program Profesi Guru (PPG). Penerima manfaat dari setiap program yang dilaksanakan adalah dosen, tenaga kependidikan, PTS mitra dan guru pamong.

FKIP Unimal mendapatkan dana hibah pada revitalisasi LPTK tahun 2023 sebesar 946 juta Rupiah. “Hibah yang kita peroleh ini, tentunya akan digunakan untuk penguatan struktur dan infrastruktur termasuk sumber daya manusia yang dimiliki agar lebih optimal dan mampu memberikan layanan terbaik untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang kompeten,” ujar Prof Herman.

Sementara itu. Dr. Muhammad Yusuf, S.T., M.T mengatakan bahwa fokus program adalah menguatkan kualitas dan kapasitas penyelenggaraan PPG dengan mengoptimalkan pemanfaatan Laboratorium Pembelajaran Mikro, Pusat Sumber Belajar Terintegrasi TIK, dan Penyelenggaraan Pembelajaran Daring. Besaran dana hibah yang didapatkan itu berdasarkan banyaknya bidang yang dikelola oleh PPG sebuah perguruan tinggi. Sebagaimana keputusan Menteri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah resmi diberi izin pembukaan program studi Pendidikan Profesi Guru pada tanggal 10 Januari 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program Studi Pendidikan Profesi Guru Program Profesi dibuka dalam lima bidang studi yaitu pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Indonesia, serta pendidikan vokasional rekayasa mesin