Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Guru Besar UPI Isi Kuliah Tamu Peringatan Dies Natalis HIMAPKA UNIMAL KE 8

Guru Besar UPI Isi Kuliah Tamu Peringatan Dies Natalis HIMAPKA UNIMAL KE 8

Aceh Utara-Kamis, tanggal 27 Juni 2024, Himpunan mahasiswa Pendidikan matematika (HIMAPKA) Universitas Malikussaleh melaksanakan Kuliah Tamu di Gor ACC Cunda. Guru Besar UPI Prof. Al Jupri S.Pd.,M.Sc.,Ph.D mengisi kuliah tamu tersebut dengan tema “Urgensi kemampuan Numerasi bagi mahasiswa Calon Guru”. Pada kuliah tamu ini dihadiri oleh para mahasiswa Pendidikan matematika FKIP Universitas Malikussaleh.

 

Acara tersebut disambut hangat dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan Alumni FKIP Unimal, Tengku Alfiandy,S.Sos.,MSP  sebagai Wakil Dekan III menyatakan di sambutannya bahwa Kuliah Tamu yang dilaksanakan ini memberikan pengaruh yang baik bagi FKIP untuk akreditasi dan Mahasiswa yang berada dilingkungan Fkip dalam meningkatkan kemampuan numerasi terkhusus calon guru.

Dalam kuliah tamu tersebut, Guru Besar UPI Prof. Al Jupri S.Pd.,M.Sc.,Ph.D memberikan materi mengenai Kompetensi Numerasi Untuk mahasiswa Calon Guru Matematika”. Dalam materi ini prof. Al Jupri menjelaskan mengenai Asesmen kompetensi Minimum (AKM), Numerasi, dan mengenai soal-soal Asesmen Numerasi.

Dalam laporan ketua Pelaksana kegiatan Kuliah Tamu, Nike Dahlia Siregar, menyatakan bahwa partisipan dalam kegiatan ini adalah 105 Mahasiswa Pendidikan matematika Fkip Unimal. Terdiri dari Angkatan 2021, 2022,2023 yang akan menjadi Guru Muda di kedepannya. Melalui Kata sambutan ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika fkip Unimal, Hery Andala, bahwa Kegiatan dies Natalis HIMAPKA Ke 8 Ini Dilaksanakannya Kuliah Tamu Dalam rangkaian memantapkan Kualitas mahasiswa Pendidikan Matematika agar siap menjadi Guru muda yang berkompeten.

Koordinator prodi Pendidikan Matematika Ibu Aklimawati S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa proses perkuliahan tidak hanya dilakukan didalam kelas saja, namun bisa  juga dilaksanakan diluar kampus guna memperkaya kemampuan dan attitude sebagai bekal dikehidupan bermasyarakat. Selain itu beliau mengatakan bahwa materi yang disampaikan pada kuliah tamu prodi Pendidikan Matematika sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa calon guru sebagai bekal sebelum melakukan pengalaman lapangan (PPL) dan meningkatkan kemampuan numerasi bagi mahasiswa