Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Himapka Mathematics Olympiad (HMO) 2024 Diikuti oleh Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia

Himapka Mathematics Olympiad (HMO) 2024 Diikuti oleh Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia

Aceh Utara - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMAPKA) Universitas Malikussaleh mengadakan Olimpiade Matematika Tingkat Nasional pertama yang diberi nama Himapka Mathematics Olympiad (HMO) 2024. HMO dilaksanakan di Universitas Malikussaleh secara online via website. Olimpiade tersebut diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Himapka yang ke VIII (10/06/2024).

Adapun pelaksanaan HMO terbagi dalam 2 sesi, Sesi pertama dilaksanakan pukul 09:00 s.d 10:45 WIB dan sesi kedua dilaksanakan pukul 11:00 s.d 12:45 WIB. Peserta mengerjakan soal seleksi secara online. Dimana setiap peserta harus mengaktifkan camera agar dapat mulai mengerjakan soal. Pelaksanaan HMO dipantau oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika, Pengawas Ujian, Teknisi dan Panitia Seleksi. Pemantauan dilakukan di Laboratorium Komputer FKIP Universitas Malikussaleh.

HMO 4

HMO merupakan salah satu program kerja HIMAPKA yang dilaksanakan dengan tujuan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan himpunan mahasiswa pendidikan matematika di seluruh Indonesia. Ketua Umum HIMAPKA, Hery Andala menyatakan selain untuk menguji kemampuan akademik mahasiswa dalam bidang matematika, kegiatan ini diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik dengan seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika secara nasional dan semoga program ini berkelanjutan pada kepengurusan priode selanjutnya.

HMO diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia diantaranya UNAND, UNSOED, UNES, UNSYIAH, UNIMAL, UNIMED, UNSAM, IAIN LHOKSEUMAWE, IAIN LANGSA, UIN SYAHADA PADANG SIDEMPUAN, Universitas Sanata Dharma, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Nurul Jadid, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Tidar, UNJA dan lainnya.

Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika, Aklimawati S.Pd.,M.Pd., mendukung penuh dan memfasilitasi kegiatan Olimpiade Matematika tingkat Nasional ini. Beliau menyatakan HMO adalah sebuah ajang talenta di bidang matematika untuk tingkat mahasiswa yang diselenggarakan secara nasional dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. “Saya berharap kegiatan tingkat Nasional seperti ini tidak hanya dilaksanakan sekali saja, tetapi dapat dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya dan dapat menjadi wadah mahasiswa berprestasi dalam bidang matematika” ungkapnya. “Nama-nama pemenang akan kita umumkan dalam beberapa hari kedepan” tambahnya