Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Fisika

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Fisika

Pendidikan_Fisika.png

Prospek kerja utama dari program studi Pendidikan Fisika pastinya adalah menjadi seorang tenaga pendidik di bidang Fisika, dan jika kamu benar-benar tertarik untuk berkarir di bidang ini, kamu bahkan bisa memulainya sejak bangku kuliah. Banyak mahasiswa Pendidikan Fisika yang sudah bisa bekerja mandiri dengan menjadi tenaga-tenaga pengajar Fisika di lembaga-lembaga bimbingan belajar.

Diluar dari profesi guru, seorang sarjana Pendidikan fisika dapat berkarir menjadi ahli fisika. Melakukan penelitian ke dalam fenomena fisik, mengembangkan teori atas dasar pengamatan dan eksperimen, dan menyusun metode untuk menerapkan hukum-hukum dan teori-teori fisika. Contoh dari jabatan pekerjaan ini adalah ilmuwan Biofisika, Ahli fisika, Konsultan peneliti, Ahli peneliti fisika, Ilmuwan dan lain-lain.

Prospek kerja Pendidikan fisika lainnya adalah Laboratory technician atau teknisi laboratorium yang bertugas dalam membantu ilmuwan industri ketika melakukan penelitian, pengujian, dan pelaksanaan dari eksperimen. Akan tetapi, pekerjaan ini bisa saja melibatkan sejumlah tugas teknis yang berbeda dan pastinya akan bervariasi antar pekerjaan yang dijalankan

Sarjana pendidikan fisika yang suka dengan penelitian dan percobaan maka kamu bisa berkarier menjadi seorang peneliti, saintis atau ilmuwan. Seorang ilmuwan merupakan seorang profesional yang melakukan dan mengumpulkan penelitian untuk pengetahuan lebih lanjut pada suatu bidang tertentu.Kamu akan membuat hipotesis, lalu menguji melalui berbagai cara seperti menggunakan statistika dan data untuk mendapatkan kesimpulan yang berdasarkan bukti. lmuwan ini bisa ditemukan di hampir setiap industri. Saintis untuk lulusan fisika lebih cenderung untuk mempelajari aspek fisika termasuk energi dan materi serta lebih dikenal sebagai physicists (fisikawan)

lulusan jurusan pendidikan fisika juga berpeluang untuk membangun usaha sendiri menjadi seorang wirausahawan. Berbekal kemampuan analisa, riset, serta pemahaman di bidang matematika, kamu bisa mendirikan usaha sendiri sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi pencari kerja lainnya

Perusahaan yang bergerak di sektor energi sangat membutuhkan tenaga ahli fisika. Kamu sebagai lulusan pendidikan fisika berpeluang untuk bekerja di sektor ini di BUMN atau swasta. Selain perusahaan energi, sektor perminyakan dan gas juga menjadi tempat bagi lulusan pendidikan fisika untuk bekerja dan mendapatkan karir yang mapan. Misalnya, kamu bisa menjadi peneliti untuk perusahaan tersebut.