Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Kimia

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Kimia

Pendidikan_Kimia.png

Lulusan pendidikan kimia berdasarkan kompetensi lulusannya adalah sebagai calon pendidik di bidang kimia atau melanjutkan studi ke jenjang S2 untuk dapat menjadi guru, dosen atau peneliti.

Berbekal ilmu kimia yang cukup, lulusan pendidikan kimia dapat bekerja di bidang pendidikan sebagai guru untuk tingkat SMP, SMA, dan SMK. Mengajarkan siswa sekolah maupun mahasiswa, tentang studi yang berkaitan dengan ilmu kimia, sifat-sifat bahan kimiawi, dan perubahan komposisi zat, dengan metode analisis kimia kualitatif maupun kuantitatif. Metode pengajarannya termasuk penelitian dan eksperimen laboratorium. Pekerjaan seorang guru kimia bisa merupakan kombinasi antara mengajar dan meneliti

Karir Sarjana Pendidikan Kimia di luar pendidikan dapat bekerja di laboratorium sebagai quality control atau research dan development di sebuah perusahaan karena kini kimia banyak dibutuhkan dalam berbagai industri. Menjadi staf Quality Control pada produk yang diluncurkan di pasaran. Kamu bisa bekerja di industri kimia, farmasi, tekstil, makanan, kosmetik, dan lain-lain. Dalam hal ini profesi atau karir kamu disebut sebagai spesialis kimia. Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

Contoh dari jabatan pekerjaan ini adalah Analis kimia, teknisi kimia, teknisi formulasi, analis laboratorium, teknisi laboratorium, penguji laboratorium, analis persiapan organic, teknisi control kualitas, teknisi penelitian, teknisi kualitas air dan lain-lain.

Sarjana Pendidikan Kimia juga memiliki prospek kerja menjadi peneliti kimia di LIPI, BPPT dan perusahaan swasta. Pendidikan Kimia memiliki mata kuliah aplikatif di bidang pendidikan sehingga Kamu bisa bekerja sebagai konsultan atau trainer pendidikan terkait. Bahkan kamu juga bisa menjadi pendiri bimbingan belajar yang menciptakan lapangan pekerjaan