Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Matematika

Saat ini sedang berlangsung Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Buat kamu calon mahasiswa baru, memilih program studi selain berdasarkan minat juga penting untuk mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus menjadi sarjana. Hal ini penting karena berkaitan dengan masa depan kamu setelah menyelesaikan study.

Kebanyakan seorang sarjana Pendidikan akan mengambil profesi sebagai seorang guru. Faktanya, seorang sarjana Pendidikan tidak hanya bisa menjadi guru tetapi terdapat beberapa prospek kerja yang dapat dilakukan

 

Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Matematika

Pendidikan_Matematika.png

Selain menjadi guru, seorang sarjana Pendidikan matematika juga dapat bekerja di perusahaan atau instasi pemerintah sebagai peneliti atau analis statistik. Analis Statistik adalah orang yang bertanggungjawab untuk melakukan analisis dan riset data. Seorang analis statistik selain dibutuhkan di dunia akademis dan penelitian juga sangat dibutuhkan di dunia bisnis karena skill pemahaman literasi data yang tinggi. Misalnya menganalisis data tenaga kerja, perekonomian, angka kemiskinan, jumlah pengangguran dan lain-lain. Pekerjaan ini membutuhkan lulusan matematika/Pendidikan matematika karena data yang harus diolah sangat besar, untuk menganalisisnya diperlukan ilmu statistika tingkat lanjut.

Bagi kamu yang ingin bekerja di Instansi Pemerintahan, Lulusan Pendidikan matematika dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, mulai dari Analis Kurikulum SD-SMA (PNS di Kemendikbud), Desainer Program Pembelajaran SD-SMA (PNS di Kemendikbud), Pengembang Teknologi Pembelajaran (PNS di Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Diklat), BPS (Badan Pusat Statistik), Departemen Keuangan, dan masih banyak lagi.

Seorang sarjana Pendidikan matematika juga dapat berkarir di bidang kewirausahaan. Wirausaha atau entrepreneur akan memaksimalkan potensi diri untuk menciptakan pekerjaan. Tentunya dengan pengalaman selama di bangku kuliah sangat mungkin bagi seorang sarjana Pendidikan matematika menjadi seorang pengusaha.

Lulusan Pendidikan matematika juga dapat berkarir di bidang perbankan dengan kemampuannya dalam memprediksi kondisi dunia keuangan serta analisis keuangan