Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Program Studi Pendidikan Fisika Laksanakan Bimtek PPG untuk Alumni dan Mahasiswa Tingkat Akhir

Program Studi Pendidikan Fisika Laksanakan Bimtek PPG untuk Alumni dan Mahasiswa Tingkat Akhir

Releut-Kegiatan Bimtek Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Unimal di Aula Laboratorium Pertanian, Kampus Reuleut, Unimal.   Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada Senin dan Selasa (21-22/2/2023). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan informasi dan bimbingan langsung kepada alumni dan mahasiswa tingkat akhir terkait syarat, prosedur seleksi, serta kurikulum PPG.

Dalam sambutannya, ketua panitia pelaksana Nanda Novita, S.Pd., M.Si., menyampaikan melalui kegiatan ini mahasiswa dan alumni Prodi Pendidikan Fisika diharapkan mampu menyerap informasi lengkap  baik dari segi persyaratan administrasi maupun teknis serta dapat mempersiapkan diri sedini mungkin dalam mengikuti seleksi PPG mendatang.

Bimtek ini dibuka oleh Dekan FKIP, Dr. Ir. Azhari, M.Sc., IPM., Asean.Eng, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi guru profesional, lulusan prodi kependidikan perlu mengikuti Program PPG setelah tamat (S1). Selain itu, beliau menyampaikan Program PPG FKIP Unimal dapat menjadi wadah bagi alumni Pendidikan Fisika untuk memperoleh sertifikat profesi guru. 

Kegiatan Bimtek PPG ini diikuti oleh alumni dan mahasiswa tingkat akhir Prodi Pendidikan Fisika. Pemateri kegiatan ini terdiri dari Dr. Drs. Evendi, M.Pd. dari Prodi Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala, Muliani, S.Si., M.Pd., dan Riza Andriani, S.Pd., M.Pd. dari Prodi Pendidikan Fisika Universitas Malikussaleh. Dr. Evendi dalam paparannya menyampaikan prosedur dan syarat beasiswa untuk mengikuti PPG dalam jabatan dan prajabatan, kemudian Dr.Evendi juga menyampaikan kurikulum dan proses perkuliahan di Prodi PPG. Kemudian, di hari kedua Muliani, S.Si., M.Pd., dan Riza Andriani, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi soal yang sesuai dengan kisi-kisi seleksi masuk PPG.

Kaprodi Pendidikan Fisika, Fajrul Wahdi Ginting, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa agenda ini sangat penting dalam pembukaan prodi PPG bidang studi Pendidikan Fisika. Fajrul juga menyatakan bahwa peserta antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan bimtek, ini terlihat dari antusias peserta mengerjakan soal pretest dan postest dan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan di setiap sesi bimtek. Kegiatan bimtek ini juga sebagai pengenalan prodi PPG Bidang Studi Pendidikan Fisika kepada alumni, mahasiswa tingkat akhir, dan masyarakat luas. (FW)