Update Informasi Terkini FKIP UNIMAL

Program Studi Pendidikan Matematika Sukses Selenggarakan Bimtek Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Pra Kuliah Bagi Mahasiswa, Alumni dan Guru di Wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe

Program Studi Pendidikan Matematika Sukses Selenggarakan Bimtek Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Pra Kuliah Bagi Mahasiswa, Alumni dan Guru di Wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe

Aceh Utara-Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh Aceh Utara, Aceh, menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) secara luring di Aula Cut Mutia Kampus Unimal Bukit Indah dengan tema ”Kiat Sukses Lulus Seleksi PPG” dan merupakan salah satu bentuk kegiatan tindak lanjut telah diresmikannya program studi baru di Universitas Malikussaleh yaitu Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Matematika.

Kegiatan bimtek PPG ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 februari 2023 yang diikuti dari kalangan guru-guru jenjang SD hingga SMA/SMK di wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe, Alumni, dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan bimtek PPG ini terlihat banyaknya kalangan guru dan alumni yang belum terdaftar menghadiri kegiatan tersebut dan mendaftar secara on the spot ketika akan dimulainya kegiatan. Pemateri pada kegiatan bimtek PPG ini adalah Dra. Erni Maidiyah, M.Pd. yang merupakan Sekretaris PPG USK Aceh.

Ketua Panitia Bimtek PPG Pendidikan Matematika, Zainul Mujtahid, S.Pd., M.Si.P menjelaskan bahwa bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan insight dan kesiapan para guru, alumni, dan mahasiswa dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPG pra jabatan maupun dalam jabatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh, Dr. Ir. Azhari, M.Sc., IPM., Asean. Eng menjelaskan bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah resmi diberi izin pembukaan program studi Pendidikan Profesi Guru pada tanggal 10 Januari 2023  oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program Studi Pendidikan Profesi Guru Program Profesi dibuka dalam lima bidang studi yaitu pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Indonesia, serta pendidikan vokasional rekayasa mesin. Melalui pendirian program studi profesi guru ini, FKIP Universitas Malikussaleh berharap mampu berkontribusi maksimal dalam menghasilkan guru-guru yang berkualitas dan tersertifikasi sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sehingga Program studi Pendidikan Matematika menyelenggarakan Bimtek PPG dan Pra kuliah untuk memberikan pengetahuan tentang PPG dan kiat sukses lulus seleksi PPG bagi guru tingkat SD sampai SMA/SMK, alumni dan mahasiswa

Pemateri bimtek PPG Pendidikan Matematika, Dra. Erni Maidiyah, M.Pd memulai bimtek ini dengan menjelaskan ruang lingkup PPG pendidikan yang kemudian diakhiri denga kiat lulus seleksi berkas PPG Matematika, Tips lulus tes substansi PPG Matematika, dan tips lulus tes wawancara. Beliau juga menjelaskan manfaat yang diperoleh menjadi mahasiswa PPG prajabatan antara lain mendapatkan beasiswa penuh sepanjang masa perkuliahan 2 semester, mendapatkan sertifikat pendidik Ketika lulus, meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial yang berguna dalam menjadi guru professional, menambah pengalaman mengajar, berpeluang besar lulus dalam PPPK, dapat melaksanakan PTK kolaboratif, dan berkesempatan mengikuti praktik pengalaman lapangan terutama sekolah-sekolah penggerak.

Aklimawati, S.Pd., M.Pd selaku Ketua program studi Pendidikan matematika FKIP universitas Malikussaleh, berharap dengan adanya kegiatan ini membuka kesempatan bagi mahasiswa, alumni dan guru-guru di sekitar wilayah Universitas Malikussaleh untuk dapat bergabung dalam Program PPG baik dalam jabatan maupun prajabatan yang Insya Allah akan segera diselenggarakan di kampus Universitas Malikussaleh.